Rupiah Diperkirakan Cenderung Melemah

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 09 Mar 2018 09:03 WIB
kurs rupiah
Rupiah Diperkirakan Cenderung Melemah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah diperkirakan masih bertengger di zona merah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) sepanjang perdagangan hari ini. Meski demikian, penyusutannya dapat lebih terbatas untuk mengurangi potensi pelemahan lebih lanjut.

Hingga penutupan perdagangan Kamis, 8 Maret 2018, gerak nilai tukar rupiah melemah sebanyak 56 poin ke Rp13.816 per USD. Hal itu tentu disayangkan lantaran mata uang lainnya mampu terapresiasi terhadap mata uang negeri Paman Sam.

"Adanya keadaan itu maka rupiah tampaknya kehilangan momentum untuk berbalik menguat. Pelemahan masih dimungkinkan, meski diharapkan lebih terbatas," ucap Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya di Jakarta, Jumat, 9 Maret 2018.

Oleh karena itu, Reza berharap, investor tetap mencermati dan mewaspadai jika masih adanya pelemahan lanjutan. Mata uang Garuda diproyeksikan akan bergerak di kisaran support Rp13.790 per USD, sedangkan resisten akan berada di Rp13.760 per USD.

Sepanjang perdagangan hari lalu, Reza menyebutkan, nilai tukar rupiah melemah. Harapan akan pelemahan tipis pun tidak terjadi. Sebab, secara intraday perdagangan terus berada di zona merah. Bahkan, masih kata Reza, di tengah penguatan euro terhadap USD, mata uang rupiah tidak memanfaatkan momentum tersebut untuk berbalik naik.

Euro bergerak naik setelah European Central Bank (ECB) dalam pertemuannya masih mempertahankan tingkat suku bunganya, tapi memberikan indikasi akan adanya pengurangan pembelian obligasi.  "Pelaku pasar membaca kondisi tersebut dengan pandangan stimulus moneter zona euro akan dikurangi," jelas Reza.

Sementara itu, diakui Reza, sentimen dari dalam negeri belum ada yang dapat secara signifikan mampu menahan pelemahan rupiah. "Pada akhirnya rupiah pun masih bertengger di zona merah," pungkas Reza.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA