Presiden Resmi Tutup Perdagangan Pasar Modal di 2017

Desi Angriani    •    Jumat, 29 Dec 2017 16:10 WIB
ihsgbeipasar modalekonomi indonesia
Presiden Resmi Tutup Perdagangan Pasar Modal di 2017
Presiden Joko Widodo saat menutup perdagangan pasar modal di 2017 (Foto: Medcom.id)

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah menutup perdagangan pasar modal di 2017. Pada saat penutupan tersebut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat sebanyak 41,61 poin atau setara 0,66 persen ke posisi 6.355,65. Sepanjang hari terakhir di tahun ini, IHSG mampu bertahan untuk tidak terhempas ke zona merah.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, angka tersebut merupakan di luar perkiraan lantaran dulu banyak yang menyampaikan bahwa level IHSG mencapai 6.000 saja sudah terbilang baik dan menguntungkan. Kendati demikian, lanjut Jokowi, kinerja IHSG sekarang ini telah membantah semua perkiraan tersebut dengan mampu melewati level 6.000.

"Ini angka di luar perkiraan kita semua. Dulu banyak yang menyampaikan 6.000 saja kita sudah untung, sudah senang. Nah, kalau sekarang 6.355 bagaimana? Ini adalah kerja keras dari BEI dan patut kita apresiasi dan patut kita syukuri bersama," kata Jokowi, dalam pidatonya, sesudah menutup perdagangan, di BEI, Jakarta, Jumat, 29 Desember 2017.

Ia menambahkan, jika dilihat dalam 12 bulan terakhir di 2017, hampir semua risiko di awal tahun yang diwanti-wanti akan meledak ternyata bisa dilewati dengan baik semuanya. Jokowi menyayangkan adanya kabar-kabar yang mengkhawatirkan dan justru dinikmati lantaran hal itu menjadikan Indonesia pesimistis.



"Kenapa momentum ini tidak digunakan sebaik-baiknya. Dulu di 2015, ngomongnya wait and see karena ada pilkada, lalu di 2016 ada pilkada dan wait and see lagi," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Lebih lanjut, Jokowi menambahkan, pemerintah memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada segenap pelaku pasar dan otoritas di pasar modal yang telah menunjukkan dedikasi dan motivasi dalam perekonomian nasional. Dirinya berharap ke depan industri pasar modal bisa terus tumbuh dan berkembang.

"Atas nama pemerintah, saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada segenap pelaku dan otoritas pasar modal yang telah menunjukkan dedikasi dan motivasi dalam perekonomian nasional dan pasar modal Indonesia sepanjang 2017," pungkas Jokowi.

Seremonial penutupan perdagangan saham 2017 dihadiri oleh jajaran Menteri Kabinet Kerja, juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, dan jajaran Dewan

 


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA