BCA Sebut Peluang Rupiah Tembus Rp20 Ribu/USD Kecil

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 15 May 2018 19:41 WIB
bca
BCA Sebut Peluang Rupiah Tembus Rp20 Ribu/USD Kecil
Dollar AS. ANT/Yudhi Mahatma.

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengaku tak khawatir dengan pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Pasalnya uji ketahanan (stress test) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggunakan kemungkinan terburuk, bukan berarti hal itu akan benar-benar terjadi.

"Saya rasa waktu stressed dipasang kondisi yang paling jelek yang kemungkinan kejadiannya tuh kecil sekali," kata Direktur BCA Rudy Susanto ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Mei 2018.

Dirinya menambahkan meskipun dalam kondisi terburuk rupiah melemah hingga Rp20 ribu per USD, kondisi perbankan tetap aman. Namun tidak berarti apa yang disebutkan oleh OJK akan terjadi sehingga memnyulitkan perbankan.

Menurut dia, kondisi perbankan saat ini jauh lebih baik jika dibandingkan saat terjadi krisis keuangan pada 1998/1999 lalu. Bank-bank besar termasuk BCA memiliki tingkat permodalan yang cukup baik sehingga mampu mengantisipasi risiko yang ada.

"Saya rasa enggak cuma BCA, sebagian besar bank-bank kita ini posisinya jauh lebih bagus daripada posisi 1998. Jadi kalau ada banyak yang bilang NPL (rasio kredit bermasalah) jelek, NPL tinggi tapi itu sebenarnya bagian dari bisnis kita," jelas dia.

Saat ini rata-rata rasio NPL perbankan berada di level tiga persen yang artinya cukup aman. Sementara rasio permodalan atau Capital Adequacy Ratio (CAR) bank masik cukup untuk mengantisipasi risiko NPL hingga memperluas bisnis bank.

"Yang penting kemampuan dia buat profit cukup enggak untuk hapus NPL ini untuk overcome kondisi ini. Saya rasa sebagian besar bank kita 98 sampai 99 persen itu sangat mampu untuk ini karena CAR kita itu tinggi sekali perbankan Indonesia," pungkasnya.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

4 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA