Dipengaruhi Global, IHSG Diprediksi Melemah

Angga Bratadharma    •    Selasa, 18 Jul 2017 09:15 WIB
ihsg
Dipengaruhi Global, IHSG Diprediksi Melemah
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mayoritas bursa Amerika Serikat (AS) dan Eropa ditutup melemah pada perdagangan semalam, setelah menguat cukup signifikan pada perdagangan hari sebelumnya mengikuti laporan keuangan sejumlah perusahaan dan antisipasi yang positif dari para pelaku pasar, seputar earnings season.

"Sementara itu, harga beberapa komoditas dunia termasuk minyak dan batu bara ditutup menguat," ungkap Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa 18 Juli 2017.

Adapun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat tipis ke level 5.841 (0,16 persen) di tengah bervariasinya mayoritas bursa Asia Pasifik dan hijaunya pasar Eropa. Hari ini, IHSG berpotensi melemah, menyusul lemahnya bursa AS, Eropa, dan regional Asia.

Sementara itu, EIDO juga ditutup melemah pada Senin kemarin. Selain itu, para investor juga kemungkinan masih wait and see terhadap pertemuan European Central Bank (ECB) yang dijadalkan pada Kamis mendatang, waktu setempat.

Di sisi lain, USD masih terkoreksi dan imbal hasil  Bund masih stabil. USD masih terkoreksi hingga dini hari tadi seiring dengan bertambahnya pesimisme domestik dan menguatnya optimisme eksternal. Setelah pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok kuartal II-2017 diumumkan lebih tinggi dari ekspektasi, Empire Manufacturing AS justru anjlok semalam.

"Imbal hasil Bund masih stabil menjelang pertemuan European Central Bank (ECB) Kamis mendatang setelah inflasi zona euro Juni 2017 diumumkan stabil," kata Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta.

 


(ABD)