Rupiah Diperkirakan Kembali Bangkit ke Rp13.280/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 16 May 2017 09:57 WIB
kurs rupiah
Rupiah Diperkirakan Kembali Bangkit ke Rp13.280/USD
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah masih‎ berpeluang melanjutkan kenaikannya terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Hal itu dibantu dengan masih adanya sentimen positif yang menyelimuti nilai tukar rupiah.

‎"Harapan kami akan terjadinya momentum kenaikan pada rupiah dapat terealisasi, di mana terbantukan dengan sentimen yang ada‎. Kami masih melihat adanya peluang untuk rupiah menguat," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada‎, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa 16 Mei 2017.

Masih adanya potensi kenaikan lanjutan, Reza memprediksi, rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran ‎support Rp13.330 per USD, sedangkan posisi resisten berada di Rp13.280 per USD. "Meski demikian, tetap cermati berbagai sentimen yang dapat berimbas pada perubahan arah rupiah‎," jelas Reza.

Menurut Reza, masih adanya imbas kenaikan harga minyak mentah dunia dan berdampak pada sejumlah harga komoditas. Hal itu membuat mata uang negeri Paman Sam kembali melemah di perdagangan hari kemarin. Pada akhirnya, g‎erak rupiah mampu memanfaatkan kondisi pelemahan USD untuk kembali menguat.

Dari sisi lain, Reza menyebutkan, adanya pemberitaan positif dari naiknya surplus neraca perdagangan Indonesia di April juga tidak mematahkan penguatan rupiah di zona hijau. "Adapula pernyataan BI bahwa sistem perbankan tidak terkena virus ransomware yang bisa mengganggu aktivitas perbankan turut menguatkan nilai tukar rupiah," pungkas Reza.

 


(ABD)