Gerak IHSG Masih Akan Datar

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 12 Feb 2019 09:00 WIB
ihsg
Gerak IHSG Masih Akan Datar
Ilustrasi. (FOTO: Media Indonesia)

Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan bergerak sideways atau datar.

"Pasar menunggu data neraca perdagangan Indonesia yang akan rilis Jumat ini. Semalam EIDO ditutup melemah -0,41 persen dan kami memperkirakan hari ini pasar masih akan bergerak sideways," ujar tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Selasa, 12 Februari 2019.

IHSG kemarin ditutup melemah -0,41 persen ke level 6.495. Pelemahan juga terjadi pada kurs rupiah ke level Rp14.038 per USD atau setara -0,5 persen.

Hal ini menyusul data current account deficit (CAD) yang masih membayangi pergerakan pasar kemarin. Index Sharia juga bergerak melemah -0,52 persen ke level 192,98.

Selain itu gerak MSCI pada perdagangan Senin juga mengeluarkan daftar kuartalan terbarunya, di mana untuk Indonesia hanya terjadi perubahan di Small Cap Indexes List dengan saham ROTI dikeluarkan dari daftar.

Sedangkan di Amerika Serikat (AS), indeks Dow Jones ditutup turun tipis -0,21 persen, sedangkan Nasdaq dan S&P ditutup flat. Ketidakpastian akan pembicaraan lanjutan AS-Tiongkok terkait perdagangan masih berlanjut.

Sementara itu juga diberitakan kemungkinan AS mengalami shutdown kembali meningkat. Sebelumnya penutupan sebagian pemerintahan AS itu diakhiri untuk sementara (selama 35 hari mulai dari 25 Januari 2019).


(AHL)