Potensi Melemah

Analis: Investor Perlu Cermati 9 Saham Pilihan

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 08 Jan 2018 09:03 WIB
ihsg
Analis: Investor Perlu Cermati 9 Saham Pilihan
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diproyeksikan berpotensi untuk berbalik melemah. Meski demikian bisa dimanfaatkan pelaku pasar dengan mengakumulasi sejumlah saham pilihan.

"Kami melihat jika terjadi proses koreksi pada IHSG untuk meredakan keadaan jenuh beli (overbought) harian bisa digunakan sebagai kesempatan mengakumulasi pembelian," ujar Analis Senior KGI Sekuritas Indonesia Yuganur Wijanarko, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin, 8 Januari 2018.

Senada dengan Yuganur, Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga menambahkan bahwa indeks sudah memasuki area jenuh beli yang bisa berpotensi negatif bagi indeks. Walaupun begitu, IHSG masih bisa menguat secara terbatas.

"Secara teknikal indeks sudah mengalami rebound pada level tertinggi. Indikasi positif tersebut, maka indeks akan terlihat terbatas, dan indeks akan mengalami posisi jenuh beli.," terang Lanjar seraya memperkirakan bahwa ‎indeks ‎pada hari ini akan bergerak terbatas pada kisaran 6.290-6.375‎. Hal itu karena telah kosongnya sentimen yang ada.

Adanya potensi negatif, Lanjar tetap berpesan untuk mencermati beberapa saham pilihan, yaitu PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM).

Lalu, cermati pula saham, PT ‎Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).


(ABD)