BTN Bagi Dividen Rp523,79 Miliar

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 17 Mar 2017 19:13 WIB
btn
BTN Bagi Dividen Rp523,79 Miliar
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memutuskan pembagian dividen sebesar 20 persen dari laba bersih. Tercatat dividen yang dibagikan kepada pemegang saham mencapai Rp523,79 miliar.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Jumat 17 Maret 2017, laba bersih BTN disetujui sebesar Rp2,61 triliun. Adapun 80 persen dari laba bersih atau sebesar Rp2,09 ditetapkan sebagai laba ditahan.

Direktur Keuangan dan Treasury BTN Iman Nugroho Soeko menjelaskan, pembagian dividen telah disetujui juga oleh Kementerian BUMN. Apalagi BTN memiliki target pertumbuhan kredit yang lebih tinggi dibandingkan bank-bank BUMN lainnya mencapai level 21 hingga 23 persen.

"Itu cukup tinggi tentunya membutuhkan kecukupan modal, CAR yang memadai. Terus kita bilang bahwa uang pemegang saham di BTN tahun lalu menghasilkan return on equity sebesar 18,3 persen," ujarnya di Gedung BTN, Jakarta Pusat.

Dirinya menambahkan, profitabilitas modal BTN merupakan yang paling tinggi dibandingkan Bank Mandiri maupun BNI. Meskipun jumlahnya masih di bawah dari BRI maupun bank swasta seperti BCA.

"Jadi pemerintah boleh pakai yang ini kalau dia bisa menghasilkan return yang lebih tinggi dari kita. Jadi daripada uang itu diambil enggak menghasilkan return, itu lebih baik tetap ada di BTN dengan menghasilkan 18,3 persen tadi," jelas dia.

Lebih lanjut, jika pemegang saham mengambil banyak dividen namun tak bisa membeli lagi ketika right issue maka investasinya akan terdelusi. Sementara jika tetap di BTN, maka value daripada uang yang disimpan masih akan sama atau bahkan lebih tinggi.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA