Komisi XI Anggap Positif Upaya Perry Warjiyo Stabilkan Rupiah

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 05 Jun 2018 19:29 WIB
rupiah
Komisi XI Anggap Positif Upaya Perry Warjiyo Stabilkan Rupiah
Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo. Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Jakarta: Anggota Komisi XI DPR Misbakhun memandang Gubernur BI Perry Warjiyo sangat bagus dalam menstabilkan gejolak nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD)‎. Kenaikan suku bunga acuan yang dilaksanakan BI langsung membuat nilai tukar rupiah menguat.

"Tidak sekadar operasi moneter. Melakukan langkah-langkah persuasif dan menggalang sebuah kebijakan monoter yang kemudian dikaitkan dengan kebijakan bauran," ungkap Misbakhun di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018.

Lalu, dia mengaku, ‎upaya Gubernur BI Perry Warjiyo mengajak pemerintah, OJK, LPS dan lainnya turut menambah confidence atau kepercayaan pasar. Ketika pasar percaya, maka pelaku pasar akan merespon positif.‎

"Upaya membangun confidence inilah yang ditunggu pasar dengan baik," jelas dia.

Sebelumnya, ‎Anggota Komisi XI DPR Maruarar Sirait pernah mengatakan sejak awal telah menyakini Perry Warjiyo akan diterima kalangan pasar dengan baik. Perry dinilai memiliki kapabilitas di dunia usaha dan perbankan.

Menurut Maruarar, Perry Warjiyo mampu menjalin komunikasi yang baik dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pemerintah, DPR, dan dunia usaha. Dengan pengalaman itu, Maruarar berkeyakinan Perry bisa mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam mengembangkan sektor keuangan Indonesia.

"‎Rupiah dan IHSG terus mengalami menguat. Saya kira langkah-langkah yang diambil gubernur BI langsung direspon pasar secara positif," ungkap dia.


(SAW)