Citibank Resmi Layani Penyelesaian Transaksi Bursa

Desi Angriani    •    Rabu, 30 Aug 2017 11:30 WIB
perbankanpasar modalciti indonesia
Citibank Resmi Layani Penyelesaian Transaksi Bursa
Suasana peresmian Citibank menjadi Bank Kustodian (Foto: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Citibank resmi menjadi Bank Kustodian (BK) pertama yang memulai perannya sebagai Account Operator (AO) dalam penyelesaian transaksi bursa. Hal itu disepakati lewat perjanjian kerja sama antara Citibank dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEl).

Direktur Utama KPEI Hasan Fawzi menjelaskan, AO berfungsi sebagai pihak yang diberikan kewenangan untuk mengambil alih fungsi settlement dari Anggota Bursa (AB). Dengan adanya AO, para anggota akan menyerahkan fungsi settlement kepada BK melalui perjanjian bilateral.

Pengalihan fungsi yang dilakukan anggota bursa terhadap BK dapat membuat proses dan aktivitas operasional menjadi lebih efesien, sehingga anggota bursa dapat lebih fokus untuk memperkuat fungsi trading. BK Citibank dikenalkan sebagai AO yang seolah-olah memberikan kewenangan Citibank untuk dan atas nama mereka melakukan kegiatan kliring.

"Dan penyelesaian transaksi bursa. Jadi yang berhubungan dengan KPEI dan KSEI-nya tidak lagi AB yang bersangkutan tapi bisa jadi pihak kustodian seperti Citibank ini tapi pelaksanaanya ditunjuk oleh AB-nya," ujar Hasan, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu 30 Agustus 2017.

Dia menambahkan, BK akan diberikan hak untuk mengakses langsung sistem kliring KPEI. Hak akses langung atas sistem kliring ini akan memangkas proses penyelesaian transaksi sehingga proses kliring menjadi lebih efesien dan aman.

"Nah itu jadi efisien kemudian kedua peraturan lain diterbitkan tahun lalu. Kustodian bank dapat menawarkan layanan jasa agen settlement," tuturnya.

Hasan berharap, langkah ini dapat menjadi contoh bagi BK lainnya agar turut memperluas perannya dalam proses penyelesaian transaksi bursa. "Adanya AO ini juga diharapkan dapat menjadi momentum dimulainya implementasi perluasan peran BK yaitu sebagai AO, settlement agent dan general clearing member kedepannya," ujar dia.

Adapun penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama KPEI Hasan Fawzi dan Chief Executive ijicer (CEO) Citi Indonesia Batara Sianturi, dan disaksikan oleh Kepala Ekesekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen.


(ABD)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA