IHSG Berpeluang Bergerak Melemah

   •    Senin, 04 Dec 2017 08:46 WIB
ihsg
IHSG Berpeluang Bergerak Melemah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta: Bursa Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan akhir pekan lalu seiring laporan bahwa Michael Flynn mengadakan kontak dengan Rusia terkait pencalonan Trump sebagai presiden dahulu. Hal ini memperburuk citra Trump dan dapat mengganggu sejumlah agenda ekonomi pemerintah.

"Sebelumnya, senat memutuskan menunda voting terkait rencana penurunan pajak, meski ada indikasi mereka akan menyetujuinya. Dari sisi ekonomi, data PMI manufacturing tercatat agak di bawah estimasi," sebut Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin, 4 Desember 2017.

Data Caixin PMI manufacturing China di November untuk perusahaan kecil dan menengah tercatat lebih buruk dari ekspektasi. Sementara itu, keputusan OPEC dan Rusia untuk memperpanjang pembatasan produksi minyak hingga akhir 2018 menjadi sentimen pendorong untuk harga minyak.

"Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melemah hari ini mengikuti pelemahan bursa AS dan Eropa, termasuk EIDO," sebut Samuel Research Team.

Sementara itu, gerak dolar Amerika Serikat (USD) diperkirakan menguat terhadap nilai tukar rupiah dan beberapa mata uang negara berkembang usai kesepakatan pemotongan pajak di tubuh Senat Partai Republik. Sebanyak 51 dari 52 Senat Partai Republik akhirnya sepakat untuk meloloskan program pemotongan pajak Trump dengan beberapa revisi.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan senat dari Partai Republik menargetkan program pemotongan pajak tersebut dapat ditandatangani oleh Trump sebelum natal tahun ini. Sentimen postif dari AS tersebut diperkuat dengan kemungkinan naiknya tingkat suku bunga the Fed pada rapat FOMC minggu depan.

"Gerak nilai tukar rupiah dapat bergerak di rentang Rp13.550-Rp13.580 per USD pada perdagangan hari ini," kata Ahmad Mikail, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA