Transcoal Pacific Bidik Laba Rp150 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 06 Jul 2018 12:14 WIB
emitenbei
Transcoal Pacific Bidik Laba Rp150 Miliar
Manajemen Transcoal saat mencatatkan sahamnya di BEI. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: PT Transcoal Pacific Tbk (TPCI) menargetkan laba hingga akhir 2018 mencapai Rp150 miliar usai pencatatan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Laba itu ditaksir akan diperoleh dari pertumbuhan pengiriman kargo.

Direktur Utama Transcoal Pacific Dirc Richard Talumewo mengatakan pertumbuhan penjualan, pendapatan, serta laba perseroan didukung dari pertumbuhan kargo yang ada.

Pertumbuhan kargo tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan lantaran permintaan pengiriman kago domestik yang banyak. Terutama untuk pengiriman kargo perusahaan tambang.

"Tahun ini kami targetkan laba minimal Rp150 miliar. Jadi kurang lebih tumbuh 100 persen Mudah-mudahan bisa tercapai," kata Richard, usai pencatatan saham di Gedung BEI, Jakarta, Jumat, 6 Juli 2018.

Richard menjelaskan, untuk mendukung kerja pengiriman kargo perusahaan sudah melakukan aksi korporasi awal tahun dengan mengakuisisi floating terminal storage senilai USD3,5 juta. Tambahan fasilitas ini ditargetkan akan menambah pemasukan perusahaan Rp50 miliar.

"Nilai akuisisi USD3,5 juta dan kami harapkan dari operasional kapal ini di luar tambahan kargo akan tambah pendapatan perusahaan minimal Rp50 miliar sendiri," jelas dia.

Sementara untuk penambahan armada kapal, Richard tidak merincinya. Dari pendanaan yang diperoleh dari Initial Public Offering (IPO), lanjut Richard, akan memudahkan perusahaan untuk memperoleh dana segar dari perbankan atau penerbitan surat utang. Dana tersebut yang nantinya digunakan untuk pembelian armada tambahan.

"Kami berharap dengan menjadi perusahaan terbuka akses ke perbankan maupun kemungkinan surat berharga itu bisa kita lakukan untuk penambahan armada," pungkas dia.


(AHL)