Antam Fokus Garap Bisnis Tiga Komoditas

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 12 Apr 2018 21:07 WIB
antam
Antam Fokus Garap Bisnis Tiga Komoditas
Antam (ANT/Yudhi Mahatma).

Jakarta: PT Aneka Tambang (Antam) Tbk (ANTM) mengaku akan fokus pada tiga komoditas yaitu bauksit, emas, dan nikel untuk tahun ini. Antam akan meningkatkan kepemilikan saham di anak usaha yang memiliki fokus bisnis di tiga komoditas tersebut.

"Perusahaan akan meningkatkan kepemilikan saham di dua proyek yang saat ini masih minoritas," kata Direktur Utama Aneka Tambang Arie Prabowo Ariotedjo usai RUPST di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 12 April 2018.

Dirinya menjelaskan Antam akan meningkatkan kepemilikan pada proyek pabrik pemurnian (smelter) dan chemical grade alumina (CGA) di Halmahera Timur. Antam juga akan memiliki secara penuh saham di PT Indonesia Chemical Aluminium (ICA).

Untuk proyek smelter dan CGA di Halmahera Timur, Antam akan meningkatkan kepemilikan saham dari 25 persen menjadi 51 persen. Saat ini proyek tersebut digarap perusahaan bersama dengan perusahaan asal Singapura, Ocean Energy.

"Nantinya akan ditingkatkan menjadi 51 persen. Tapi kita enggak akan keluarin dana untuk ambil porsi mayoritas saham tadi. Kita hanya akan menambah supply bahan baku nikel dari sumber daya yang dimiliki," jelas dia.

Sementara itu, saham di ICA yang saat ini sebesar 80 persen akan diambil alih penuh dari Showa Denko K.K dan diharapkan selesai pada Juli tahun ini. Sedangkan saham yang bukan fokus di tiga komoditas di atas akan dilepas namun masih menunggu perusahaan yang akan menampungnya.

"Sebenarnya ini merupakan amanah dari RUPS 2015, pemegang saham minta kita menata anak usaha salah satunya melalui divestasi," kata Direktur Keuangan Antam Dimas Wikan.


(SAW)