Tertekan, IHSG Siap Balik Arah ke Level 5.800

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 08 Aug 2017 09:14 WIB
ihsg
Tertekan, IHSG Siap Balik Arah ke Level 5.800
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di hari ini akan mencoba untuk berbalik arah ke atas level 5.800. Kondisi itu dinilai mampu terjadi setelah perdagangan kemarin ditutup mengalami pelemahan sebanyak 0,5 persen di posisi 5.749.

"Kami optimistis, IHSG dapat kembali di atas level 5.800, sehingga kembali lagi di kisaran 5.870 - 5.920," ucap Analis Senior PT KGI Sekuritas Indonesia Yuganur Wijanarko, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Sementara itu, Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya melihat, ‎IHSG pada saat ini terlihat masih berada dalam rentang konsolidasi wajar. Pertumbuhan ekonomi yang dirilis akan menjadi sentimen positif bagi indeks hingga beberapa waktu mendatang.

‎"Hal ini juga menunjukkan bahwa Indonesia masih terlihat menarik di mata investor baik luar maupun domestik yang tentunya harus selalu kita jaga keseimbangannya," terang William.

‎Selain daripada itu, lanjut William, rilis data cadangan devisa yang menunjukkan peningkatan juga dapat menjadi pendorong positif bagi gerak IHSG di hari ini. Jika level support terdekat di posisi 5.732 bisa dipertahankan, lanjut William, maka indeks diyakini bisa menembus level resisten 5.834.

"Sepanjang hari ini, indeks ada berpotensi menguat," jelas William.

‎M‎engamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT Astra International Tbk (ASII), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), dan PT Mayora Indah Tbk (MYOR).

Selain itu, perlu pula mencermati pergerakan saham seperti PT HM SampoernaTbk (HMSP), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).


(ABD)