Jasa Marga Berencana Terbitkan Obligasi Global Rp3,9 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 08 Aug 2017 18:30 WIB
jasa marga
Jasa Marga Berencana Terbitkan Obligasi Global Rp3,9 Triliun
Ilustrasi (Foto: dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berencana menerbitkan obligasi (global bond) berdenominasi rupiah yang nilainya mencapai Rp3,9 triliun. Penerbitan tersebut merupakan yang pertama kalinya dan diharapkan bisa terlaksana sesuai harapan.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengaku, karena aksi korporasi ini baru pertama kali dilakukan maka pihaknya akan melakukan pembahasan secara mendalam terlebih dahulu terkait tata aturan dan lain sebagainya. Hal itu dianggap penting agar penerbitan bisa berjalan dengan baik.

"Ini kami tawarkan ke luar negeri. Nilainya nanti disampaikan dan mungkin sekitar USD200 juta sampai USD300 juta," ujar Donny, ketika, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Saat ini, lanjut dia, Jasa Marga sedang mematangkan semua kebutuhan dan diharapkan global bond tersebut bisa diterbitkan pada tahun ini. Adapun tujuan dari penerbitan ini agar bisa memenuhi kebutuhan modal kerja dalam mengerjakan beberapa proyek jalan tol.

"Kalau memungkinkan diterbitkan tahun ini, di mana saat ini masih ada 16 proyek yang sedang jalan. Penggunaan dana global bond bentuk rupiah nanti disesuaikan proyek mana yang membutuhkan dana," terang dia.

Untuk mengerjakan beberapa proyek yang berjalan, Donny menyatakan, perseroan membutuhkan dana hingga Rp8 triliun. Dana itu akan dipenuhi dari kas internal maupun eksternal, salah satu pendanaan dari luar yaitu dengan menerbitkan global bond dalam bentuk rupiah.

"Kami juga sekuritisasi pendapatan tol Jagorawi dengan target Rp2 triliun. Jika global bond tidak bisa maka kami lakukan pinjaman perbankan. Obligasi dalam negeri atau kita terbitkan sukuk," sebut Donny.


(ABD)