Rupiah Belum akan Terjamah Sentimen Positif

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 14 Oct 2016 08:31 WIB
kurs rupiah
Rupiah Belum akan Terjamah Sentimen Positif
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi Pramadia)

Metrotvnews.com, Jakarta: ‎Gerak rupiah terhadap dolar AS atau USD akan melanjutkan pelemahannya dalam jangka pendek. Hal itu akan membuat rupiah terpukul hingga menembus level support yang telah ditentukan sebelumnya.

"Masih minim sentimen positif membuat rupiah tak terhindarkan dari pelemahan. Keadaan itu membuat rupiah menembus level support sebelumnya, dan ber‎peluang lanjut pelemahan kembali," ungkap K‎epala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada‎ dalam keterangan risetnya, Jumat (14/10/2016).

Dengan demikian, menurut Reza, posisi support rupiah yang baru akan berada di posisi Rp13.097 per USD, sedang resisten akan be‎rada di level Rp13.054 per USD.

Selain rupiah yang melemah, tambah Reza, nilai tukar poundsterling kembali melemah setelah pelaku pasar merespons adanya peluang The Fed untuk menaikkan tingkat suku bunga AS dalam rilis bank sentral tersebut.

"Terlihat laju GBP terhadap USD bergerak sempat melemah -0,36 persen di level 1,21. Sementara itu laju USD menurun tipis -0,03 persen terhadap mayoritas mata uang dunia dan menyebabkan laju yen bergerak menguat sehingga direspon negatif oleh para pelaku pasar valas Asia," jelas Reza.

Lanjut Reza, pergerakan harga minyak mentah dunia yang mudah berubah akibat masih adanya pro dan kontra terkait rencana pembatasan produksi dari anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan non OPEC turut menekan mata uang kawasan.‎ Sehingga dampaknya terlihat jelas, rupiah mengalami keterpurukan hingga penutupan perdagangan kemarin.


(AHL)