Rupiah Stabil Jelang Keputusan Suku Bunga BI

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 21 Feb 2019 06:33 WIB
kurs rupiahrepo
Rupiah Stabil Jelang Keputusan Suku Bunga BI
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Rupiah menunjukkan kekuatannya terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan mata uang pasar berkembang lainnya menjelang rapat kebijakan Bank Indonesia (BI) pekan ini.

Research Analyst FXTM Lukman Otunuga memprediksi BI diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di Februari, setelah meningkatkannya sebanyak enam kali dengan total kenaikan 175 basis poin (bps) di 2018.

"Federal Reserve yang mengambil posisi sabar dan fleksibel memicu spekulasi penghentian kenaikan suku bunga AS tahun ini, sehingga BI mungkin sedikit lebih lega untuk memangkas suku bunga di kemudian hari," kata dia dalam hasil risetnya, Kamis, 21 Februari 2019.

Secara umum, rupiah menunjukkan kinerja yang cukup menggembirakan terhadap dolar AS sejak awal tahun dengan kenaikan 2,04 persen.

"Rupiah berpotensi terus menguat apabila keadaan ekonomi Indonesia yang semakin baik mendongkrak selera pasar terhadap mata uang domestik ini," jelas dia.

Bloomberg Rabu, 20 Februari 2019 mencatat mata uang rupiah naik 59 poin dengan berada pada Rp14.044 per USD. Mata uang rupiah menurut data Yahoo Finance naik 55 poin dengan berada pada Rp14.035 per USD. Sementara Bank Indonesia merekam mata uang rupiah naik dengan berada pada Rp14.055 per USD.

Kenaikan mata uang rupiah karena indeks dolar diperkirakan melemah ke level 96-96,50 terhadap hampir semua mata uang kuat utama dunia. Hal tersebut didorong oleh ekspektasi investor bahwa akan tercapai kesepakatan perdagangan antara AS-Tiongkok dalam perundingan perjanjian perdagangan berikutnya.


(AHL)