Aksi Ambil Untung Bisa Bikin IHSG Balik Arah

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 15 Jan 2019 10:07 WIB
ihsg
Aksi Ambil Untung Bisa Bikin IHSG Balik Arah
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mesih memberi sinyal akan melanjutkan pelemahan hari ini. Aksi ambil untung menahan pergerakan IHSG untuk kembali menguat.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memprediksi IHSG akan bergerak tertahan, bahkan cenderung mengarah menuju pelemahan. Terkoreksinya IHSG itu diprediksi akan terjadi dalam jangka pendek.

"Pergerakan IHSG masih akan bergerak cenderung melemah tertahan dengan support resistance 6.312-6.361," kata Lanjar dalam riset hariannya, Selasa, 15 Januari 2019.

Sementara itu Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada menjelaskan mulai adanya aksi ambil untung yang diikuti dengan berkurangnya aksi beli investor asing akan membuat laju IHSG kembali ke zona merah. Reza memprediksi IHSG akan bergerak di rentang support 6.309-6.320 dan resisten 6.352-6.368.

"Mulai adanya aksi ambil untung membuat laju IHSG berbalik arah melemah," jelas reza.

Menurutnya, tren ini dapat menjadi awal dari pelemahan IHSG berikutnya jika sentimen yang ada tidak mendukung IHSG mengarah menguat. Terutama, jika laju rupiah dan bursa saham Asia kembali melemah maka dapat menghalangi kenaikan IHSG.

Beberapa saham yang direkomendasikan untuk hari ini adalah saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP), dan PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD).

Kemudian cermati saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT).


(AHL)