Aksi Jenuh Beli Bisa Bikin IHSG Keok

Annisa ayu artanti    •    Senin, 14 Jan 2019 08:41 WIB
ihsg
Aksi Jenuh Beli Bisa Bikin IHSG Keok
Ilustrasi. (FOTO: MI/Usman)

Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi tidak akan lama bertengger di zona hijau. Sebab, pasar saham Indonesia saat ini berada di posisi jenuh beli (overbought).

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah mengatakan gerak IHSG hari ini secara teknikal sulit mempertahankan posisi di zona hijau. IHSG telah menembus rekor pada tahun ini dalam dua hari terakhir perdagangannya pekan lalu. Jika diakumulasi sepanjang pekan, IHSG menguat 1,39 persen ke level 6.361.

"Sehingga diperkirakan IHSG bergerak cenderung tertekan dengan support resistance 6.302-6.370," jelas Lanjar dalam risetnya, Senin, 14 Januari 2019.

Sementara itu, Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan gerak IHSG masih berpotensi menguat pada perdagangan awal pekan ini.

Ia menjelaskan IHSG masih memiliki kecenderungan untuk terus melanjutkan penguatan di tengah terus tertekannya harga komoditas serta membaiknya nilai tukar terhadap USD.

Dua faktor itu dapat memberikan angin segar terhadap pelaku usaha serta emiten, sehingga dapat terus membantu untuk mendongkrak kinerja emiten yang tentunya dapat memberikan dorongan terhadap kenaikan IHSG. Ia memprediksi pergerakan IHSG hari ini berada di kisaran 6.123 sampai 6.421.

"Hari ini IHSG berpotensi menguat," ucap William.

Beberapa saham perusahaan yang direkomendasikan investor hari ini adalah PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

Kemudian PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Alam Sutera Reality Tbk (ASRI), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Indah Kiat Pulp & Paper (INKP), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

 


(AHL)


Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA