Akhir 2017, Penerbitan Obligasi Perusahaan BUMN Bisa Mencapai Rp120 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 29 Aug 2017 20:34 WIB
bumn
Akhir 2017, Penerbitan Obligasi Perusahaan BUMN Bisa Mencapai Rp120 Triliun
Gedung Kementerian BUMN. ANT/Wahyu Putro.

Metrotvnews.com, Jakarta: Selama enam bulan pertama di 2017, perusahaan-perusahaan BUMN telah menerbitan surat utang (obligasi) sebesar Rp60 triliun. Hingga akhir tahun, penerbitan obligasi diharapkan bisa mencapai Rp120 triliun.

"Penerbitan di satu semester belakangan ini tambah Rp60 triliun. Hingga akhir tahun 2017 bisa mencapai Rp120 triliun," kata ‎Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro, ditemui dalam acara paparan Kinerja BUMN semester I-2017 di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa 29 Agustus 2017.

Penerbitan obligasi di semester satu tahun ini, bilang Aloysius, mengalami peningkatan bila dibanding periode yang sama tahun lalu hanya mencapai Rp54 triliun. 

"Ini rekor baru, BUMN issued Rp60 triliun, plus MTN Rp3,5 triliun," terang dia.

‎Jasa Marga, Aloysius mencontohkan, berencana ‎menerbitkan global bond sebesar USD200 juta - USD300 juta di Oktober 2017. Penerbitan obligasi yang dimiliki perusahaan tol tersebut juga sangat didukung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Ibu Menteri sangat dukung, detailnya internasional currency. Kemudian minta rating international hal seperti itu," papar Aloysius.

Adapun rencana penerbitan bond, Aloysius menambahkan, ‎juga harus didorong oleh lembaga pemeringkat internasional. Dengan begitu, banyak investor yang akan menyerap surat utang Jasa Marga. 

"‎Kemudian minta rating dari pemeringkat internasional," pungkas Aloysius.



(SAW)