Gerak IHSG Diprediksi Capai Posisi 5.920

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 18 Jul 2017 08:45 WIB
ihsg
Gerak IHSG Diprediksi Capai Posisi 5.920
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan proses kenaikan jangka pendek guna menggapai posisi 5.920. Kondisi itu dinilai akan terjadi setelah perdagangan kemarin ditutup berada di zona hijau pada level 5.841.

"Pelaku pasar mampu menahan indeks untuk terjatuh. Kini indeks menuju target resisten psikologis terdekat di posisi 5.920," ucap Analis Senior PT KGI Sekuritas Indonesia Yuganur Wijanarko, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa 18 Juli 2017.

Senada dengan Yuganur, Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya‎ menyatakan, indeks masih berpotensi mengalami penguatan di hari ini. Sehingga bisa melanjutkan posisi kenaikan dari posisi penutupan akhir perdagangan kemarin.

Setidaknya indeks akan dipengaruhi beberapa faktor, seperti rilis data ekonomi perihal neraca perdagangan yang masih dalam kondisi memuaskan dan fluktuatif harga komoditas. Tentu sejumlah sentimen positif lainnya diharapkan bisa terus berdatangan.

"Dengan kondisi neraca perdagangan yang cukup memuaskan dan fluktuatif harga komoditas yang tidak tinggi maka memengaruhi pola gerak IHSG. Posisi indeks di hari ini diperkirakan bisa menggapai level 5.780-5.876," jelas William.

M‎engamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT PP Londok Sumatera Indonesia Tbk (LSIP), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Selain itu, perlu pula mencermati pergerakan saham seperti PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), ‎PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).

 


(ABD)