Jasa Marga Butuh Tambahan Rp4,5 Triliun untuk Rampungkan Proyek

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 21 Apr 2017 13:22 WIB
jasa marga
Jasa Marga Butuh Tambahan Rp4,5 Triliun untuk Rampungkan Proyek
Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu)

Metrotvnews.com, Sleman: PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih membutuhkan modal (ekuitas) sekitar Rp4,5 triliun untuk merampungkan 16 ruas jalan tol yang tersisa.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menyebutkan, total konsesi jalan tol yang dimiliki perseroan berkode emiten JSMR itu sebanyak 31 ruas. Adapun dari total ruas tersebut, 15 ruas sudah beroperasi sedangkan 16 sisanya belum operasi.

"Saat ini Jasa Marga punya 31 konsesi jalan tol, dari 31 itu yang sudah beroperasi penuh 15 ruas. Jadi 16 masih sifatnya proyek," kata Desi saat ditemui di lingkungan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Jumat 21 April 2017.

Baca: Jasa Marga Berharap Jadi Pemenang Tender Proyek Tol Layang Rp12 Triliun

Menurut Desi, untuk membangun 16 ruas tol tersisa, Jasa Marga membutuhkan dana sekitar Rp70 triliun. Dana itu akan diperoleh dari ekuitas perusahaan dan pinjaman dari perbankan. Namun, untuk mendapatkan pinjaman perbankan, Jasa Marga harus memiliki modal sebesar 30 persen dari total keseluruhan dana proyek yaitu sekitar Rp21 triliun.

Saat ini, ekuitas perseroan baru sekitar Rp16,5 triliun. Sehingga, perseroan masih membutuhkan Rp4,5 triliun untuk mencapai minimum modal untuk diberikan pinjaman oleh perbankan.

"Dari sisa ini kita butuh funding Rp70 triliun. Kalau kita bandingkan, ekuiti harus Rp21 triliun. Saat ini ekuiti Jasa Marga Rp16,5 triliun. Jadi kurang Rp4,5 triliun," sebut dia.

Menurutnya, kekurangan modal ini akan mudah terpenuhi dari berbagai upaya yang dilakukan perseroan. Rencananya tahun ini, Jasa Marga akan melakukan optimalisasi laba perusahaan dan mendivestasikan beberapa anak usahanya yang minoritas.

"Ini tidak sulit. Kami akan mengeneralisir laba tiap tahun. Kita juga lakukan divestasi untuk mengejar ekuiti tersebut," ujar dia.

Jasa Marga Lakukan Divestasi

Lebih lanjut, tambah Desi, Jasa Marga akan melakukan divestasi di tiga ruas jalan tol yang sudah dimilikinya yaitu tol Semarang-Solo, tol Lingkar Barat (W1), dan bagian tol Jor (W2). Divestasi ini diperkirakan akan menambahkan modal perseroan sebanyak Rp2 triliun.

"Angkanya (divestasi) sekitar Rp2 triliun. Tadinya dua yaitu sebagian Semarang Solo tadinya kita pemilikan 75 persen dikurangi sedikit. Tapi tetap mayoritas jadi jadi 55 persen. Dan jalan Lingkar Barat W1 dilepas karena kita minoritas. Tapi nambah lagi karena sebagian W2 itu akan ambil. W2 terusan w1 bagian dari jor. BPJS yang mau ambil," pungkas dia.

 


(AHL)

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang
Bank Dunia Dorong Investasi

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang

1 hour Ago

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam pidatonya berjanji bakal mengupayakan berbagai investasi…

BERITA LAINNYA