Stocklab Competition di 26 Kota

BEI: Tingkatkan Literasi Masyarakat Berinvestasi di Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 21 Aug 2017 12:44 WIB
emitenbeipasar modalipo
BEI: Tingkatkan Literasi Masyarakat Berinvestasi di Saham
Acara Stocklab Competition di BEI, Jakarta, Senin 21 Agustus 2017 (Foto: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menggelar acara ‎Stocklab Competittion di 26 kota di Indonesia. Langkah tersebut dilakukan guna meningkatkan literasi masyarakat dalam berinvestasi di saham.

Direktur Pengembangan Bisnis BEI Nicky Hogan menyatakan, acara ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar bisa lebih mengenal pasar modal dengan cara yang lebih sederhana. Tentu kebijakan ini diharapkan bisa memberi efek positif terhadap pertumbuhan pasar modal di Tanah Air.

"Ini lebih kepada membangun kesadaran masyarakat tapi permainan ini lebih dikhususkan dari bursa dan OJK untuk bisa masuk ke kalangan khususnya mahasiswa," kata Nicky, di Gedung BEI, Jakarta, Senin 21 Agustus 2017.

Acara yang sudah dilakukan di 25 kota lainnya, jelas Nicky‎, sudah dikompetisikan untuk membangun pengetahuan masyarakat mengenai pemahaman investasi. Tak hanya itu tapi juga tentang corporate action seperti right issue, dividen dan stock split.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kreator Permainan Stocklab Ryan Filbert menerangkan, Kota Jakarta merupakan kota terakhir dari kompetisi ini yang sudah diikuti oleh 300-400 perserta tingkat nasional.

"Suatu hal yang menarik kadang orang suka salah, stocklab ini suka dianggap hanya sebagai alat pengenalan pasar modal, sebenarnya bukan itu tetapi pikirannya yang penting," papar dia.

Sesudah dilombakan di babak penyisihan di 26 kota termasuk Jakarta, maka final kompetisi akan direalisasikan di Gedung BEI pada Selasa 22 Agustus 2017. Nantinya akan diikuti oleh tiap tim yang sudah menang di babah penyisihan di kota-kota yang sudah menjalankan.


(ABD)