Listing Perdana, Saham Prima Cakrawala Langsung Autoreject

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 29 Dec 2017 09:36 WIB
emitenbeipasar modalipo
<i>Listing</i> Perdana, Saham Prima Cakrawala Langsung <i>Autoreject</i>
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) resmi merealisasikan pelepasan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini, dengan melepas sebanyak-banyaknya 466,66 juta saham di harga Rp150 per saham.

Pantauan Medcom.id, Jumat, 29 Desember 2017, pada saat listing perdana, saham perusahaan langsung naik 104 poin atau setara 69,33 persen ke posisi Rp254 per saham. Angka itu sudah harga tertinggi, sehingga saham perusahaan mengalami ‎autoreject.

Pada posisi Rp254 per saham, saham emiten yang bergerak di sektor hasil perikanan laut diperdagangkan hanya satu kali dengan volume satu lot dan nilainya mencapai Rp25.400.

"Hari ini merupakan momen penting bagi industri perikanan ranjungan. Kami sebagai industri pertama yang mencatatkan saham di bursa. Indonesia kaya akan hasil lautan dan ini perlu dijaga kelangungannya," ungkap Direktur Utama Prima Cakrawala Abadi, Raditya Wardhana.

Adapun dari aksi IPO, perusahaan akan meraup dana segar lebih dari Rp70 miliar dari proses hajatan IPO tersebut. Catatan Medcom.id, dana segar dari hasil IPO setalah dikurangi biaya emisi, sekitar 28,10 persen akan digunakan untuk belanja modal perseroan, sedangkan sisanya 71,90 persen akan digunakan untuk modal kerja perseroan.

PT Prima Cakrawala Abadi didirikan pada 29 Januari 2014. Perusahaan bergerak dalam bidang perindustrian, perdagangan dan jasa. Saat ini kegiatan utama Prima Cakrawala Abadi adalah pengolahan distribusi hasil perikanan (rajungan), industri pengolahan hasil perikanan (cold storage), dan sebagainya.


(ABD)