OJK Restui Jasa Marga Pakai Skema Pembiayaan Dinfra

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 09 Oct 2018 23:09 WIB
jasa marga
OJK Restui Jasa Marga Pakai Skema Pembiayaan Dinfra
OJK (MI/RAMDANI).

Nusa Dua: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memberikan izin kepada PT Jasa Marga Tbk untuk mengimplementasikan skema pembiayaan proyek baru yakni Dana Investasi Infrastruktur (Dinfra).

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menjelaskan skema pembiayaan Dinfra menyerupai pembiayaan ekuitas terbatas (equity limited funding) atau seperti reksa dana penyertaan terbatas (RDPT). Izin tersebut akan diberikan disela-sela acara pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank Annual Meetings (IMF-WB) 2018.

"Itu mirip RDPT jadi equity limited funding gitu. Jadi bisa equity bisa debt, jadi bisa setoran modal, bisa saham bisa setoran utang. Gabung jadi satu," kata Desi di kawasan Nusa Dua, Bali, Selasa, 9 Oktober 2018.

Desi mengungkapkan, skema pendanaan ini pertama kali di Indonesia dan Jasa Marga dijadikan perusahaan percontohan untuk implementasi skema tersebut. Rencananya, lanjut Desi, skema tersebut akan diterapkan untuk pembiayaan pembangunan tol Gempol-Pandaan.

"Dinfra ini untuk semuanya proyek jalan tol Jasa Marga. Rencananya kita di Gempol-Pandaan, Jawa Timur," ucap dia.

Namun diakui Desi, untuk mendapatkan calon investor yang mau mendanai proyek jalan tol tidak mudah. Perusahaan harus mencari investor dan melakukan beberapa uji kelayakan dalam keuangan serta persoalan legal.

"Setelah diberikan approvalnya kan panjang yang harus disiapkan. Banyak. due dillegence keuangan, due dilligence legal. Banyak yang harus disiapkan. Implimentasinya awal 2019," pungkas dia.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA