IHSG Sesi Siang Berbalik Arah jadi Melemah

Angga Bratadharma    •    Senin, 15 May 2017 12:38 WIB
ihsg
IHSG Sesi Siang Berbalik Arah jadi Melemah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi siang terpantau berbalik arah menjadi di jalur merah. Sebelumnya, IHSG pada perdagangan pagi terpantau mampu melakukan reli dan dibuka di jalur hijau sejalan dengan hadirnya sentimen positif di dalam negeri.

IHSG Senin 15 Mei 2017, perdagangan siang ditutup melemah sebanyak 15,75 poin atau setara 0,3 persen ke posisi 5.659. Sedangkan LQ45 mengalami pelemahan sebanyak 1,20 poin ke 945 dan JII juga mengalami pelemahan sebanyak 1,92 poin ke 724.

Siang ini, seluruh sektor nyaris kompak berbaris di jalur pelemahan. Sektor pertambangan melemah sebanyak 18,96 poin dan sektor manufaktur melemah sebanyak 5,73 poin. Sedangkan sektor properti menguat sebanyak 1,70 poin dan sektor keuangan menguat sebanyak 1,04 poin.

Adapun volume perdagangan siang ini tercatat sebanyak 4,6 miliar lembar saham senilai Rp2,5 triliun. Sebanyak 124 saham mengalami penguatan, sebanyak 161 saham mengalami pelemahan, sebanyak 119 saham tidak mengalami perubahana atau stagnan, dan sebanyak 183 saham tidak mengalami perdagangan.

Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya sebelumnya menyebutkan bahwa indeks akan melanjutkan tren penguatan di hari ini. Hal itu akan ditopang oleh kontinuasi aliran modal masuk ke pasar domestik.

‎Dengan adanya capital inflow yang terus mengalir dan perbaikan ekonomi dalam negeri, William mengaku, maka bakal mendorong minat investasi yang lebih besar ke pasar modal Indonesia. Tentu hal ini diharapkan memberi efek positif terhadap pergerakan IHSG hari ini.

"Awal pekan ini laju IHSG diperkirakan lebih bergairah untuk menuju target resisten terdekat di level 5.775. ‎Mengingat arus capital inflow yang masih terus terjadi ditunjang oleh rilis data perekonomian yang masih menunjukkan kondisi cukup stabil dan terkendali," pungkas William.

 


(ABD)