Kirana Megatara Lepas 1,152 Miliar Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 19 Jun 2017 08:45 WIB
emitenpasar modalipo
Kirana Megatara Lepas 1,152 Miliar Saham
llustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Kirana Megatara bakal merealisasikan pelepasan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, pada pagi ini. Dengan demikian perseroan resmi menjadi emiten keduabelas di 2017, atau ke-547 yang sudah mencatatkan saham di bursa.

Langkah IPO perseroan di pasar modal dengan melepas saham sebanyak-banyaknya 1,152 miliar saham.‎ N‎ilai nominal saham yang dipatok dengan harga Rp100 per saham, sedangkan harga ‎penawaran resmi IPO yang dilepas ke publik sebesar Rp458 per saham.

Proses IPO perseroan direalisasikan di Gedung BEI, Jakarta, Senin 19 Juni 2017, bertepatan dengan pembukaan perdagangan saham di pasar modal Indonesia. Maka perusahaan akan mendapatkan kode ticker KMTR.

Perusahaan akan meraup dana segar Rp527,82 miliar‎ dari proses hajatan IPO tersebut. Perusahaan sudah menunjuk PT Trimega Sekuritas Indonesia Tbk selaku penjamin pelaksana emisi efek (underwriter)

Catatan Metrotvnews.com, dana segar dari hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi, ‎sebesar 22 persen untuk pelunasan pinjaman bank sindikasi yang terkait dengan pinjaman modal kerja, sebesar 58 persen untuk meningkatkan penyertaan modal di entitas anak, dan sisanya 20 persen untuk memperkuat struktur permodalan perseroan.

Kegiatan usaha Kirana Megatara adalah berusaha di bidang perindustrian terutama industri karet, termasuk didalamnya mendirikan pabrik pengolahan karet, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui anak perusahaan. Kirana Megatara Group adalah produsen karet remah dengan spesifikasi teknis yang dikenal dengan istilah Standard Indonesian Rubber (SIR), SIR 10, SIR 20 dan SIR 20 VK.

Sebelum IPO, saham PT Kirana Megatara dimiliki oleh PT Triputra Investindo Raya sebesar 67,43 persen, PT Persada Capital Investama sebesar 30,58 persen, dan Martinus Subandi Sinarya sebesar dua persen.

Kirana Megatara merupakan kelompok usaha Grup Triputra yang dimiliki oleh T.P. Rachmat melalui PT Triputra Investindo Arya, serta Persada Capital Group milik B. Subianto atas nama PT Persada Capital Investama.


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

6 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA