Emiten Megapolitan tak Rasakan Dana Repatriasi Amnesti Pajak

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 14 Jun 2017 16:47 WIB
megapolitan development
Emiten Megapolitan tak Rasakan Dana Repatriasi Amnesti Pajak
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Manajemen PT Megapolitan Developments Tbk (EMDE) mengaku sama sekali tidak merasakan "nikmatnya" dana repatriasi dari program pengampunan pajak (tax amnesty) pemerintah. Sebagaimana diketahui, program tax amnesty berjalan sejak Juli 2016 hingga Maret 2017.

Selama periode tersebut, sebanyak Rp4.866 triliun harta berdasarkan surat pernyataan harta (SPH) wajib pajak yang dilaporkan di amnesti pajak. Di mana didominasi dari deklarasi dalam negeri Rp3.687 triliun, deklarasi luar negeri Rp1.032 triliun, serta dana repatriasi sebesar Rp147 triliun.

Sekretaris Perusahaan Megapolitan Developments‎ Fanny S Susanto mengatakan, dampak program tax amnesty sama sekali belum berimbas ke sektor properti, khususnya terhadap penjualan perseroan. Kenyataan itu sama sekali tidak seperti apa yang diharapkan sebelumnya.




‎"Belum signifikan dampaknya, karena tax amnesty secara keseluruhan tidak sesuai harapan Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang awalnya optimistis tapi kenyataannya arus uang masuk tidak tercapai," tutur Fanny di Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

Pertumbuhan penjualan properti yang dibangun di banyak wilayah, kata Fanny, bukan karena adanya aliran dana repatriasi. Namun, lebih banyak didorong oleh kebutuhan masyarakat terhadap rumah.

"Kita tumbuh semata-mata bukan tax amnesty tapi karena kebutuhan, sebab 70 persen pembeli kita itu pemakai bukan investor," tutur Fanny.

Masih belum dirasakannya program tax amnesty ke perseroan sangat terlihat dari kinerja yang diraih sepanjang 2016. Perseroan mencatat kenaikan laba bersih hanya tumbuh sekitar 7 persen menjadi Rp65,5 miliar, dari porsi laba sebesar Rp61,3 miliar di 2015. Pendapatan perseroan juga tumbuh tipis, dari Rp325,3 miliar menjadi Rp330,4 miliar.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA