BCA Lirik Akusisi Bank Kecil yang Sudah Go Public

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 21 Jun 2017 07:58 WIB
bca
BCA Lirik Akusisi Bank Kecil yang Sudah <i>Go Public</i>
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA melirik bank kecil yang akan diakuisisi. Namun perseroan masih berhati-hati dan tak ingin terlalu terburu-buru dalam menetapkan bank mana yang akan diakuisisi pada tahun ini.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan jika bank kecil yang akan diakuisisi harus sudah tercatat di pasal modal atau sudah melakukan go public. Ini menjadi salah satu syarat yang akan menjadi perhatian oleh BCA.

"Kita ingin mengambil bank kecil, tapi saya ingin bank yang sudah go public. Jadi sudah tercatat di bursa," ujar dia, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa 20 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, beberapa syarat lainnya adalah kualitas hingga profitabilitas bank kecil yang dibidik. Apalagi Jahja menilai jika kondisi pasar keuangan mengalami penurunan selama dua tahun terakhir sehingga membuat BCA akan sangat berhati-hati.

Rencanannya akan ada dua bank kecil yang akan diakuisisi oleh BCA sesuai dengan Rencana Bisnis Bank (RBB). Total ada dana mencapai Rp4 triliun yang akan digunakan untuk mengakuisisi bank lain pada semeter II tahun ini.

Lebih lanjut, Jahja berencana akan mengkonversikan bank kecil untuk pengembangan digital banking BCA. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada, khususnya dengan banyaknya kemunculan industri Financial Technology (Fintech).

"Nanti bank itu perlu ada trial atau diuji coba. Kalau kita mau digital banking harus jelas segmennya, kita ingin segmennya itu anak muda, tapi belum ada bank kayak begitu," pungkasnya.

 


(ABD)