Analis Perkirakan IHSG ke 6.320-6.350 di Akhir Perdagangan 2017

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 29 Dec 2017 12:51 WIB
ihsgbeipasar modal
Analis Perkirakan IHSG ke 6.320-6.350 di Akhir Perdagangan 2017
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Jakarta: ‎Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan ditutup ke posisi 6.350 di akhir penutupan perdagangan 2017. Kondisi itu dinilai akan terjadi dan IHSG akan tetap kokoh dalam artian tidak tergerus secara signifikan meski ada aksi ambil untung dari investor.

"Jadi saya kira masih menguat ke posisi 6.300-6.350. Apalagi ditutup sama Pak Presiden Jokowi biasanya kan menguat," kata Analis Investa Mandiri Hans Kwee, kepada Medcom.id, di Jakarta, Jumat, 29 Desember 2017.

Meski demikian, ia menilai, penguatan IHSG tidak akan terlalu banyak lantaran tidak ada lagi data positif ekonomi yang datang dari dalam negeri. Namun, tetap saja ada peluang untuk IHSG terus menguat mengingat situasi dan kondisi ekonomi Indonesia terbilang kian membaik dari waktu ke waktu.

"D‎ata ekonomi tidak ada dan inflasi akan tinggi nanti, kan bukan berita bagus juga. Tidak banyak yang cukup positif. Biasanya kan di akhir perdagangan. Hari ini data yang kita pakai untuk laporan keuangan data sekarang," tegas Hans Kwee.

Apabila ada aksi ambil untung, lanjut Hans Kwee, indeks diprediksi masih akan berada di posisi 6.200. Hal itu bukan tidak mungkin lantaran biasanya pelaku pasar atau investor mengambil aksi untung di perdagangan akhir tahun.

"Mungkin ada yang sebagian pelaku pasar mengambil keuntungan. Market sudah naik cukup banyak maka akan ada aksi aksi ambil untung. Biasanya juga akan ada window dressing," jelas Hans Kwee.

Senada dengan Hans Kwee, Analis MNC Sekuritas Heldy Arifien memprediksi akan ada aksi ambil untung pada saat akhir perdagangan nanti. Meski begitu, potensi koreksi indeks tidak akan terlalu banyak. Indeks yang tidak akan terlalu jatuh banyak karena sudah banyak sentimen yang mendorong kenaikan indeks dalam beberapa hari terakhir ini.

"Indeks telah memasuki area overbought trading-nya. Jadi dari beberapa indikator yang terlihat. IHSG memiliki potensi untuk koreksi mendekati area 6.320," pungkas Heldy.

 


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA