Pemprov Sumsel terus Kembangkan Pembangunan PLTS

   •    Senin, 11 Dec 2017 09:56 WIB
plts
Pemprov Sumsel terus Kembangkan Pembangunan PLTS
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus mengembangkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) karena potensinya di daerah ini cukup besar. Bahkan, PLTS bisa memberi efek positif terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Meneral Sumsel Robert Heri mengatakan potensi PLTS di daerah ini masih banyak sehingga harus dikembangkan. Bahkan, Pantai Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel juga berpotensi untuk dijadikan areal PLTS.

"Apalagi PLTS merupakan energi terbarukan sehingga itu harus terus dibangun," kata dia, seperti dikutip dari Antara, di Palembang, Senin, 11 Desember 2017.

Menurut dia, listrik yang menggunakan tenaga surya merupakan energi yang ramah lingkungan dan itu sudah menjadi program utama Pemerintah Provinsi Sumsel. Sehubungan itu pihaknya terus mendata potensi yang layak dijadikan PLTS di daerah ini supaya udara semakin bersih.

Dia mengatakan, pendataan areal yang tepat untuk dijadikan lokasi PLTS terus dilakukan karena phaknya terus menggali potensi energi terbarukan. Selain PLTS, pihaknya juga akan mengembangkan pembangkit listrik tenaga air karena potensinya juga sangat besar.

"Untuk PLTS, sekarang ini Pemerintah Provinsi Sumsel sedang membangun energi tenaga matahari di kawasan olahraga Jakabaring Palembang. Pembangunan PLTS yang tahap awal berkapasitas 2 MW itu bekerja sama dengan PT Sharp Jepang," pungkasnya.


(ABD)