Menteri Jonan Taksir Nilai Divestasi Saham Freeport USD4 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Senin, 09 Oct 2017 20:17 WIB
freeport
Menteri Jonan Taksir Nilai Divestasi Saham Freeport USD4 Miliar
Ilustrasi tambang Freeport. ANT/M AGUNG RAJASA.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan berdasarkan perhitungan matematisnya nilai saham PT Freeport Indonesia yang bakal didivestasikan sekitar USD4 miliar.

Berdasarkan data Freeport McMoran yang tercatat pada penutupan New York Stock Exchange pekan lalu kapitalisasi pasar Freeport McMoran sebesar USD20,74 miliar. Sementara, kontribusi PT Freeport Indonesia terhadap keuntungan Freeport McMoran sampai sepuluh tahun terakhir sebesar 40 persen. 

Atas dasar itu, dia memperhitungkan nilai pasar Freeport Indonesia saat ini sekitar USD8 miliar. Lalu, jika diasumsikan pemerintah akan mengambil divestasi 51 persen, maka nilai 51 persen divestasi tersebut diperkirakan USD4 miliar. 



"Mengenai (divestasi) 51 persen, berarti USD4 miliar," kata Jonan dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR-RI di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Tapi tentunya, lanjut Jonan, pihak Freeport akan meminta harga lebih untuk saham yang akan didivestasikan tersebut. Untuk itu, pemerintah akan melakukan negosiasi lagi.

"Tentunya mayoritas pasti akan minta premium. semua kepemilikan mayoritas pasti minta premium. Dihitung nego premiumnya mau berapa," ucap dia.

Jonan juga menuturkan, pihak Freeport McMoran pernah menghitung bahwa nilai saham 100 persen Freeport Indonesia sebesar mencapai USD20 miliar. Menurutnya, angka tersebut terlalu tinggi.

"Kalau Freeport menilai 100 persen saham Freeport Indonesia misalnya USD20 miliar atau USD16 miliar terlalu tinggi," ujar dia.

Divestasi yang dilakukan Freeport Indonesia ini akan menentukan lanjut atau tidaknya operasi Freeport pasca 2021. Saat ini pemerintah Indonesia memiliki 9,36 persen saham di Freeport Indonesia. Artinya, masih ada 41,64 persen yang harus didivestasikan Freeport.

 


(SAW)