Pembangunan PLTMG Papua Memacu Investasi

   •    Minggu, 14 May 2017 16:30 WIB
papua
Pembangunan PLTMG Papua Memacu Investasi
Illustrasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro.

Metrotvnews.com, Jayapura: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Joko Supratikto mengatakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Jayapura berkapasitas 50 megawatt (mw) akan menumbuhkan iklim investasi.

"Yang jelas ini akan mendorong iklim investasi karena salah satu masalah pembangunan infrastruktur adalah ketersediaan listrik," ujarnya di Jayapura, dikutip dari Antara, Minggu 14 Mei 2017.

Ia menilai penyediaan energi juga harus diikuti oleh pembangunan lainnya karena hal tersebut hanya menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan pembangunan.

"Tapi ini harus dibarengi dengan infrastruktur yang lain, seperti jalan atau kalau di Papua adalah tentang kepastian lahan," kata dia.

Joko menuturkan bila seluruh aspek penopang investasi bisa disediakan pemerintah, maka bukan tidak mungkin ke depan ketergantungan Papua terhadap sektor pertambangan bisa diminimalisir.

"Kalau semua itu bisa dilakukan, saya rasa perkembangan ekonomi di Papua bisa lebih stabil dan tidak tergantung pada tambang," katanya.

Meskipun Presiden Joko Widodo baru meletakan batu pertama PLTMG Jayapura pada 9 Mei 2017, namun proses pembangunannya sudah mencapai 50 persen. PLTMG Jayapura nantinya akan menghasilkan daya 50 megawatt dan akan memperkuat kehandalan sistem kelistrikan Jayapura yang kini sudah surplus 20 megawatt.


(SAW)