PLN Upayakan Pasokan Listrik untuk Natal Lancar

   •    Sabtu, 02 Dec 2017 12:58 WIB
listrikpln
PLN Upayakan Pasokan Listrik untuk Natal Lancar
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Palu: PT PLN Area Palu di Sulawesi Tengah berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga agar pasokan listrik selama Natal dan Tahun Baru di daerah itu berjalan lancar.

Manager PLN setempat Emir Muhaimin mengatakan sesuai kapasitas terpasang listrik yang ada saat ini terbilang cukup. Artinya, daya yang dihasilkan sejumlah pembangkit listrik baik milik PLN maupun swasta masih cukup memadai dengan kebutuhan sekarang ini.

Menurut dia, jika tidak terjadi gangguan pada pembangkit, maka pasokan listrik tetap tersalurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri di daerah ini.

Namun, jika terjadi gangguan terhadap dua pembangkit terbesar di Sulteng yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana di Kabupaten Poso dan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di Kota Palu, maka dipastikan akan terjadi pemadaman listrik secara bergilir.

"Namun itu kalau ada gangguan besar," kata dia, di Palu, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 2 Desember 2017.

Jika hanya gangguan sesaat seperti gangguan jaringan tertimpa pepohonan, maka dalam waktu tidak lama sudah bisa teratasi karena petugas PLN siap dalam waktu 1x24 jam untuk melaksanakan perbaikan jika terjadi gangguan tersebut.

Karena itu, para pelanggan listrik khususnya di area sistem kelistrikan Palapas (Palu, Donggala, Parigi dan Sigi) tidak perlu khawatir kekurangan daya menghadapi Natal dan Tahun Baru karena daya yang tersedia masih cukup memadai.

"Kami bahkan saat ini kelebihan daya sekitar 10 megawatt (mw)," kata Emir.


(AHL)