Presiden Minta Penyelesaian Divestasi Freeport Selesai April

Annisa ayu artanti    •    Senin, 05 Mar 2018 23:15 WIB
freeport
Presiden Minta Penyelesaian Divestasi Freeport Selesai April
Freeport . ANT/Puspa Perwitasari.

Jakarta: Presiden Joko Widodo mengarahkan penyelesaian divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI) selesai pada April 2018. Hal itu dikatakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) usai sidang kabinet dengan presiden. Dalam sidang tersebut Jokowi mengarahkan valuasi atau nilai saham atas kewajiban divestasi PTFI dapat selesai pada April.

"Arahan Bapak Presiden bahwa untuk penyelesaian divestasi PT Freeport Indonesia bahwa kalau bisa sebelum akhir April sudah selesai valuation dan sebagainya," kata Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, 5 Maret 2018.

Jonan juga mengatakan empat poin dalam perundingan dengan PTFI juga diharapkan selesai secepatnya. Sehingga Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara yang diperpanjang hingga 30 Juni tidak berlaku dan PTFI memegang IUPK permanen.

"Tentunya kementerian ESDM IUPK-nya drafting final siap. Dan misalnya apa yang dinegosiasikan dengan Freeport dan segala macam siap," ujar dia.

Seperti diketahui, empat poin negosiasi antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu adalah kewajiban divestasi PTFI 51 persen, kewajiban membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter), stabilitas investasi, dan perpanjangan izin operasi. Saat ini PTFI baru mendivestasikan sahamnya kepada negara 9,36 persen.





(SAW)