Wacana Pertamina Pecah Depo Plumpang

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 08 May 2017 14:13 WIB
pertamina
Wacana Pertamina Pecah Depo Plumpang
Ilustrasi BBM. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Metrotvnews.com: Jakarta: PT Pertamina (Persero) berwacana untuk membangun depo baru sebagai pengganti depo Plumpang di Jakarta Utara.

"Pak Elia Massa (Dirut Pertamina) bilang kalau depo Plumpang merupakan high risk condition. Jadi sekarang sedang dipikirkan lagi untuk membangun depo sebagai pengganti Plumpang," ujar Direktur Pengolahan Pertamina Toharso, saat media workshop, di Hermitage Hotel, Jakarta, Senin 8 Mei 2017.

Menurut Toharso, wacana Pertamina ini karena posisinya di depo Plumpang tersebut sudah terlalu besar. Sehingga dibentuklah wacana untuk dipecah.


Ilustrasi Depo Pertamina. (FOTO: ANTARA/Yusran)

"Mau tidak mau harus dipecah (depo), kebutuhan DKI jangan hanya tergantung ke depo Plumpang. Tapi ini baru wacana untuk men-split depo Plumpang untuk mandiri sampai dengan 18 ribu kl per hari. Jadi ada rancangan untuk memisahkan," jelas dia.

Wacana tersebut muncul karena dalam setiap pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) ada karakter dan wataknya, dalam artian tergantung pada SPBU yang hanya mampu menyimpan BBM selama dua hari.

"Apabila SPBU kosong atau telah mengirimnya, maka butuh waktu pemulihan selama seminggu. Masa tunggu mulai dari Plumpang hingga isi sampai stabil satu minggu. Bahaya jika Plumpang enggak beroperasi, seminggu nanti Jakarta enggak ada minyak," pungkasnya.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA