APP Kembangkan Energi Terbarukan untuk Pembangkit Listrik

Husen Miftahudin    •    Minggu, 16 Apr 2017 21:15 WIB
pembangkit listrik
APP Kembangkan Energi Terbarukan untuk Pembangkit Listrik
Ilustrasi pembangkit listrik. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Asia Pulp & Paper (APP) mengembangkan energi terbarukan untuk pembangkit listrik di lingkungan pabriknya. Selain untuk penghematan, proyek tersebut juga sebagai bentuk komitmen anak usaha Sinar Mas ini mengedepankan bisnis berkelanjutan.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan, perseroan juga mengembangkan teknologi energi baru terbarukan menggunakan getah dan kulit kayu tanaman industri di pabrik OKI Pulp & Paper di Sumatera Selatan. Getah kayu digunakan sebagai bahan baku pembangkit listrik (recovery boiler) yang berkapasitas 12.000 ton padatan kering (TDS) per hari atau 2.030 ton uap per jam.

Menurut dia, getah kayu dikentalkan melalui proses penguapan hingga 80 persen padat untuk kemudian dibakar di recovery boiler. Energi panas yang dihasilkan akan digunakan untuk mendidihkan air dan menciptakan uap. Uapnya kemudian memutarkan turbin dan sumbu generator untuk menghasilkan listrik.

"Penggunaan energi baru terbarukan ini tidak hanya merupakan bentuk penghematan, tetapi juga merupakan komitmen APP untuk mengedepankan bisnis berkelanjutan," ujar Suhendra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu 16 April 2017.

Wakil Direktur PT OKI Pulp & Paper Gadang Hartawan menambahkan, teknologi ini diklaim mampu mengurangi kebutuhan penggunaan minyak dan gas dalam lime kiln kapur hingga 80 persen. Sedangkan, kulit kayu dari pohon akan diolah menjadi biofuel.

Menurut Gadang, teknologi recovery boiler dan bark gasification pada pabrik OKI Pulp & Paper tersebut mampu menghasilkan listrik sekitar 750 megawatt (MW).

"Di OKI Pulp, kami menggunakan sistem baru yang namanya bark gasification yang menggunakan kulit kayu untuk menghasilkan energi," pungkasnya.


(SAW)