Pemerintah Akan Naikkan Tarif Listrik 900 VA di 2017

Annisa ayu artanti    •    Senin, 17 Oct 2016 19:46 WIB
tarif listrik
Pemerintah Akan Naikkan Tarif Listrik 900 VA di 2017
Illustrasi. ANTARA FOTO/Umarul Faruq.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan setelah pendataan pelanggan PLN 900 VA selesai, pemerintah akan menerapkan kenaikan tarif dasar listrik untuk 900 VA.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Jarman mengatakan, saat ini data pelanggan 900 VA sudah dipegang. Tahun depan, secara bertahap pelanggan-pelanggan tersebut akan merasakan kenaikan tarif listrik.

"Diharapkan tahun depan masyarakat mampu karena yang 900 VA akan dicabut bertahap," kata Jarman di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Jarman menetapkan, kenaikan tarif listrik tersebut akan dilakukan bertahap sebanyak tiga kali. Hal itu akan diterapkan setelah pemerintah melakukan kajian dengan beberapa universitas.

Dalam kajian, penetapkan kenaikan tarif listrik secara bertahap dilihat dari beberapa faktor. Jarman menyebutkan, dua faktor diantaranya adalah inflasi dan kesiapan pelanggan jika tarifnya dinaikan.

"Kita kan tidak bisa melihat dari satu sisi ya. Kita juga kan melihat  inflasi juga. Kita juga lihat bagimana kesiapan dari pelanggan. Kita kan lihat banyak dari berbagai sisi. Sesuai kajian yang netral. Ada banyak kajian, dengan enam universitas yang melakukan kajian. Pencabutan secara bertahap itu lebih disarankan," jelas Jarman.

Lebih lanjut, Jarman menambahkan, skema kenaikan itu akan langsung ditentukan oleh pemerintah. Jadi saat ini pemerintah sudah mulai melakukan persiapan sosialisasi jauh-jauh hari melalui media. Ia berharap dengan sosialisasi itu tidak ada masyarakat yang terkejut dengan penerapan kenaikan tarif yang akan dilakukan serempak se-Indonesia itu.

"Pemerintah dong. kemarin kita sudah lakukan sosialisasi ada di tv radio. diharapkan tahun depan masyarakt mampu yang 900 VA akan dicabut bertahap," ucap Jarman.

Sementara itu, untuk kenaikan listrik pelanggan 450 VA, Jarman menuturkan akan melakukan pencocokan dahulu. Setelah itu baru akan diterapkan.

"Kalau yang 450 VA itu harus dimatchingkan dulu datanya. yang sudah siapkan yang 900 VA,"pungkas Jarman.


 


(SAW)