Kompor Listrik untuk Mengurangi Penggunaan Elpiji 3 Kg

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 12 Nov 2017 18:25 WIB
kementerian esdmkompor listrik
Kompor Listrik untuk Mengurangi Penggunaan Elpiji 3 Kg
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Rusman)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong agar rumah tangga Indonesia dapat menggunakan kompor induksi.

"Kompor induksi atau dikenal sebagai kompor listrik, merupakan jenis kompor yang memanfaatkan reaksi magnet dari energi listrik untuk menghasilkan panas," ungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam siaran persnya, Minggu 12 November 2017.

Dia menjelaskan, kompor induksi menggunakan sekitar 300-500 watt daya listrik dengan biaya per kalori lebih rendah dari penggunaan gas elpiji tiga kilogram (kg).

Penggunaan kompor listrik ini sejalan dengan program penambahan dan pembangunan pembangkit listrik yang sedang dikerjakan oleh pemerintah juga akan bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat.

"Selama ini, keterbatasan daya listrik akibat pembatasan golongan mengakibatkan daya listrik lebih banyak dinikmati oleh dunia usaha besar dan pelanggan golongan industri saja," kata Dadan.

Adapun pengurangan penggunaan elpiji 3 kg bertujuan untuk mengurangi angka impor dan subsidi elpiji yang saat ini sudah membengkak dari Rp7 triliun menjadi Rp20 triliun.

"Pembahasan mengenai teknis pengaturan penyederhanaan golongan tarif dan daya listrik tersebut secara detail masih dibahas oleh Kementerian ESDM dan PLN. Selanjutnya akan disosialisasikan kepada publik sebelum diberlakukan," pungkasnya.

 


(AHL)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA