Setoran Dividen Naik, Pertamina Tetap Upayakan Kinerja Terbaik

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 22 Sep 2016 20:28 WIB
dividen bumn
Setoran Dividen Naik, Pertamina Tetap Upayakan Kinerja Terbaik
Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto. (Foto: MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyatakan akan tetap mengusahakan kinerja yang maksimal meskipun perseroan harus menyetorkan dividen dalam jumlah besar ke negara.

Hal itu dikatakan oleh DIrektur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto lantaran perusahaan pelat merah ini merupakan perusaahaan BUMN yang wajib menyetorkan dividen terbesar.

"(Deviden naik) Mudah-mudahan kinerja Pertamina bagus. Tidak apa-apa," kata Dwi usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR-RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016). 

Dwi menjelaskan, tidak ada masalah pemerintah menetapkan kenaikan dividen tersebut. Menurutnya, setoran tersebut dari negara untuk negara. Saat ini yang dipikirkan adalah bagaimana untuk melakukan investasi yang banyak untuk memenuhi setoran dividen tersebut

"Kita punya negara untuk negara. Memang tentu saja kita berharap bisa investasi, kita lihat berapa persen dari laba. Rp4,1 triliun mudah-mudahanlah," pungkas Dwi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani indrawati mengusulkan kenaikan setoran dividen atau bag hasil keuntungan anak usaha pelat merah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017 sebesar Rp3 triliun.

"Dividen dapat dinaikkan Rp3 triliun," kata Ani.

Ani mengatakan kenaikan ini dilihat dari capaian laba BUMN pada semester satu tahun ini yang cukup signifikan dan memungkinkan bagi BUMN menambah setorannya ke negara.

Dalam nota keuangan yang disampaikan 16 Agustus lalu, kata Ani, dividen ditargetkan Rp38 triliun. Dengan penambahan Rp3 triliun, maka menjadi Rp41 triliun dalam RAPBN 2017. (SCI)