Jokowi Sebut Pertamina Raup Untung Rp20 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 12 Feb 2019 10:40 WIB
pertaminaAvtur
Jokowi Sebut Pertamina Raup Untung Rp20 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: Media Indonesia)

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan PT Pertamina (Persero) mencatat laba bersih atau keuntungan sebesar Rp20 triliun di 2018.

Hal ini sekaligus merespons kabar mengenai beban keuangan perusahaan pelat merah tersebut, yang menjual bahan bakar minyak (BBM), terutama untuk jenis avtur, dengan harga tinggi.

"Pertamina kemarin laporan lisan ke saya untungnya di atas Rp20 triliun kok," kata Jokowi di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin malam, 11 Februari 2019.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan keuangan Pertamina dalam kondisi aman. Hal ini merespons adanya formula baru dalam penghitungan harga jual BBM termasuk avtur yang kemungkinan akan turun.

"Enggak ada masalah kok, sudah dikalkulasi. Enggak ganggu keuangan kok," kata Nicke di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan aturan mengenai batas atas harga jual eceran BBM yang diatur dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 17 K/10/MEM/2019.

Penetapan harga jual eceran Jenis BBM Umum oleh Badan Usaha tersebut mengacu pula ketentuan batas bawah dengan perhitungan margin sebesar lima persen dari harga dasar dan batas atas dengan perhitungan margin sebesar 10 persen dari harga dasar. Sehingga, Badan Usaha dapat menetapkan harga jual eceran Jenis BBM Umum di dalam rentang batas bawah dan batas atas tersebut.

 


(AHL)