PLN Andalkan PLTS untuk Menerangi Wilayah Papua

   •    Minggu, 15 Jan 2017 15:53 WIB
plts
PLN Andalkan PLTS untuk Menerangi Wilayah Papua
PLTS. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Jayapura: Manajemen PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber energi untuk listrik di desa terpencil seluruh wilayah Tanah Papua.

"Kalau di Papua selain potensi airnya adalah tenaga surya, kita  juga pada 2017, terutama untuk pulau terpencil atau desa yang tidak terjangkau, akan kami listriki dengan PLTS," ujar General manager PLN WP2B Yohanes Sukrislismono, di Jayapura, dikutip dari Antara, Minggu (15/1/2017). 

Ia mengaku, hal tersebut telah direalisasikan pada beberapa daerah dengan jumlah daya hasil tergolong kecil guna menyesuaikan dengan kebutuhan di daerah itu.

"Dengan karakteristik desa-desa kita yang rata-rata jumlah penduduknya kecil, kapasitas 50 kw sudah cukup. Contoh ketika PLN melistriki Pulau Lemon, Manokwari, Papua Barat, itu cuma butuh 25 kw, itu sudah cukup untuk satu pulau," kata dia.

baca : Pemerintah Segera Bangun PLTS di NTT

Yohanes pun menyebut hingga kini pihaknya belum terlalu banyak menggunakan energi baru terbarukan untuk melistriki Papua dan Papua Barat.

"Pembangkit energi terbarukan masih kecil persentasenya. Secara kasat mata, di Jayapura saja kita punya cuma satu, PLTA Orya yang kapasitasnya 20 MW, sementara total kemampuan daya (di Jayapura) seluruhnya 80 mw," kata dia.

Menurut dia, PLN sangat ingin memperbanyak pembangunan pembangkit energi baru terbarukan, namun dengan kondisi yang ada, hal tersebut sulit diwujudkan dalam waktu dekat.

"Untuk menambah pembangkit energi baru terbarukan tergantung kondisi tempatnya. Kalau dia punya sumber maka kita bisa manfaatkan dan pembangunannya pun tidak bisa cepat," jelas dia.





(SAW)