Pence Dinilai Puas dengan Penjelasan Jokowi Terkait Freeport

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 20 Apr 2017 21:03 WIB
freeport
Pence Dinilai Puas dengan Penjelasan Jokowi Terkait Freeport
Presiden Joko Widodo dan Wapres AS Michael Richard Pence saat bertemu di Istana Merdeka. MTVN/ Achmad Zulfikar

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Michael Richard Pence sedikit menyinggung soal polemik PT Freeport Indonesia saat bertemu di Istana Merdeka, Jakarta. Pence pun dinilai puas dengan penjelasan Jokowi soal Freeport.

"Presiden bicara sama Pence, bagus tadi. Pence sangat puas dengan penjelasan Presiden," kata Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis 20 April 2017.

Kedatangan Pence ke Indonesia bertepatan dengan nasib negosiasi kesepakatan investasi Freeport dengan pemerintah. Pemerintah dan Freeport fokus membahas skema pajak dan divestasi.

Menurut dia, perundingan masalah skema pajak dan divestasi antara pemerintah dan perusahaan tambang raksasa asal AS itu sudah hampir selesai. Ia berharap masalah teknis dalam perundingan bisa selesai minggu depan.

Ia mengklaim dalam perundingan skemanya tetap pada keinginan pemerintah, yakni 51 persen saham pemegang kontrak karya (KK) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) harus dimiliki oleh pemerintah.

"Masa rakyat kita minta saham lebih banyak enggak boleh?" ucap dia.


(SCI)