Investor Jepang akan Investasi PLTB di Pesisir Selatan

   •    Minggu, 19 Mar 2017 20:57 WIB
energi terbarukan
Investor Jepang akan Investasi PLTB di Pesisir Selatan
PLTB. foto : Antara,

Metrottvnews.com, Jakarta: Pesisir Selatan, Sumatera Barat, membutuhkan pasokan listrik yang memadai agar realisasi investasi bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pessel, Suardi  mengakui, di Pesisir Selatan saat ini pasokan listrik belum maksimal untuk mendukung realisasi investasi, terutama investasi berskala besar.

Menurutnya, investasi berskala besar yang membutuhkan pasokan listrik secara maksimal seperti hotel berbintang dan industri yang mengelola potensi sumberdaya alam lainnya.

Untuk mengatasi persoalan itu, maka Pemkab mencari peluang investasi bidang kelistrikan dari investor luar negeri yakni Jepang. Pemkab Pesisir Selatan dalam hal ini akan menyiapkan lahan seluas 12 hektare (ha) untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) berbahan bakar sekam padi dan limbah tanaman biji-bijian.

"Lahan 12 ha tersebut disiapkan merupakan upaya memperlancar rencana investasi perusahaan swasta asal Jepang, Meidensha bidang kelistrikan di dua kecamatan masing-masing Lengayang dan Lunang. Sesuai rencana, untuk Kecamatan Lengayang akan dibangun PLTB berkapasitas 10 megawatt (mw) dan di Lunang 15 mw," ungkapnya dikutip dari Media Indonesia, Minggu 19 Maret 2017.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, disiapkannya lahan tersebut merupakan upaya memperlancar rencana investasi perusahaan swasta asal Jepang itu Ia menyebutkan sesuai rencana di Lengayang akan dibangun PLTB berkapasitas 10 megawatt (mw) dan di Lunang 15 mw.

"Beberapa waktu lalu kami dari kabupaten ikut mendampingi studi kelayakan lokasi yang dilaksanakan NTT Data Institute of Management Consulting, Inc. dan mereka menyetujui kedua lokasi tersebut," katanya.

Hendrajoni melanjutkan masih terdapat beberapa proses yang akan dilakukan diantaranya lokakarya dan seterusnya pelaporan hasil oleh konsultan, jika hasilnya positif maka investasi tersebut akan berjalan.

Ia mengemukakan pelaksanaan lokakarya dihadiri oleh pihak terkait diantaranya pemilik penggilingan padi.
"Pesisir Selatan tinggal menunggu, jika semuanya sesuai maka proyek ini akan menjadi yang pertama di Indonesia," ujarnya.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

12 hours Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA