Kesepakatan Biaya Sewa Floating Storage B20 Masih Buntu

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 06 Dec 2018 07:42 WIB
pertaminabiofuel
Kesepakatan Biaya Sewa <i>Floating Storage</i> B20 Masih Buntu
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) dan perusahaan biodiesel masih belum bersepakat mengenai penetapan biaya sewa kapal untuk tangki terapung atau floating storage pembawa Fatty Acid Methyl Ester (FAME) atau kandungan.

Pertamina meminta biaya itu dibebankan kepada produsen bahan bakar nabati atau FAME yang digunakan dalam pencampuran solat dan minyak kelapa sawit 20 persen (biodiesel/B20). Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo mengatakan besaran biaya yang dibebankan akan dihitung berdasarkan standar bisnis.

"Mereka taruh FAME di fasilitas kami, ada biaya, mereka juga bayar," kata Gandhi, di Kompleks Paelemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Desember 2018.

Sementara itu, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih berdiskusi dengan Pertamina terkait biaya sewa tersebut. Aprobi menginginkan agar Pertamina juga ikut menanggung biaya tersebut dan tidak hanya dibebankan pada perusahaan FAME.

"Sewa tangki sedang kami bicarakan, dibagi dua, karena kapasitas Pertamina juga berkurang. Pokok-nya 1 Januari harus sudah jalan," kata Paulus.

Perlu diketahui, untuk memperlancar penyaluran FAME ke titik penyaluran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), pemerintah meminta Badan Usaha penyalur Bahan Bakar Nabati (BBN) untuk membangun floating storage yang belum tersedia tangki FAME.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan awalnya ada 86 titik TBBM yang harus mendapatkan pasokan fame. Namun mulai 1 Januari 2019 titiknya diperkecil menjadi 10 titik.

Adapun 10 titik tersebut yaitu Kilang Dumai, Kilang Plaju, Kilang Cilacap, Kilang Balikpapan, Kilang Balongan, Kilang Kasim, TBBM Pulau Laut Kalsel, TBBM Tuban Jatim, TBBM Sambas dan TBBM Medan.


(ABD)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

33 minutes Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA