Strategi Pertamina Antisipasi Arus Mudik 2018

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 16 May 2018 14:41 WIB
pertaminaMudik Lebaran 2018
Strategi Pertamina Antisipasi Arus Mudik 2018
Ilustrasi. (Foto: Antara/Adimaja).

Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyiapkan sejumlah strategi penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk arus mudik 2018. Pertamina akan membuat rest area dengan layanan kiosk kemasan Pertamax dan mobile dispenser, motor kemasan, serambi Pertamax, dan kantong BBM.

"Ini akan menguatkan stoknya dengan menyiapkan mobil kantong BBM. Menaruh mobil kantong BBM di tempat yang berpotensi peningkatannya tinggi. Rest area tol yang belum ada SPBU, kita siapkan layanan khususnya, berupa kiosk kemasan dan mobile dispenser, ini dispenser yang bisa dibawa ke mana-mana dan tangki timbun. Ini kita taruh di rest area yang tidak ada SPBU-nya," kata SVP Fuel Marketing Pertamina, Jumali di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

Berdasarkan data Pertamina, perusahaan menyiapkan kiosk kemasan Pertamax di 44 titik, mobile dispenser sebanyak 16 titik, motor kemasan 200 unit, dan kantong BBM SPBU di 105 titik. Pelayanan ini berada di ruas tol dan non-tol di sepanjang ruas mudik Sumatera-Jawa.

Menurutnya, antisipasi-antisipasi ini akan mencegah kelangkaan BBM seperti yang terjadi di insiden Brebes Exit (Brexit) beberapa tahun silam. Sementara itu, untuk layanan elpiji selama masa Satgas Pertamina akan menyiagakan 3.094 agen elpiji PSO dan NPSO serta 31.612 pangkalan elpiji PSO di seluruh Indonesia.

"Kita juga akan menyiagakan 49 SPPBE Kantong di Pulau Jawa untuk memastikan kelancaran suplai elpiji selama arus mudik," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito.


(AHL)