2,44 Juta Pelanggan akan Mendapat Pengembalian Subsidi

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Jul 2017 10:25 WIB
pln
2,44 Juta Pelanggan akan Mendapat Pengembalian Subsidi
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) menyatakan akan mengembalikan subsidi kepada 2,44 juta pelanggan miskin dan rentan miskin yang sebelumnya tidak mendapatkan subsidi karena tidak masuk ke dalam daftar pelanggan yang menerima subsidi.

Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengatakan, pihak PLN akan mengecek dan menghitung berapa besar pemakaian listrik 2,44 juta pelanggan tersebut selama tidak memakai subsidi pemerintah. Setelah sudah mendapat angkanya, subsidi tersebut akan segera diberikan.

"Iya dikembalikan. Kita data berapa, dan dicek pemakaiannya berapa nanti ada hitung-hitunganlnnya," kata Sarwono di Komplek Parlementer Senayan Jakarta, Kamis malam 13 Juli 2017.

Mengenai mekanisme pengembalian subsidi apakah cash atau carry over, Sarwono menjelaskan untuk masalah pengembalian hal tersebut tidak sulit. Pengembalian subsidi kepada yang berhak pasti akan diberikan.

PLN pun berjanji 2,44 juta pelanggan yang sebelumnya tidak mendapatkan subsidi tetapi mereka merupakan pelanggan miskin dan rentan miskin tidak akan dirugikan.

"Nanti itu soal gampang itu yang penting mereka tidak akan dirugikan lagi," ucap Sarwono.

Sebelumnya, berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) terdapat 2,44 juta pelanggan yang tidak terdaftar sebagai pelanggan yang berhak mendapatkan subsidi tetapi sebenarnya berhak menerima subsidi.

Oleh karena itu dalam RAPBN-P 2017, pemerintah menaikkan anggaran subsidi listrik dari sebelumnya Rp44,98 triliun menjadi Rp51,99 triliun.

 


(AHL)