Dirjen EBTKE: Banyak Aset Negara yang Rusak Ketika Dipegang Pemda

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 08 Feb 2018 17:16 WIB
energi
Dirjen EBTKE: Banyak Aset Negara yang Rusak Ketika Dipegang Pemda
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana. Medcom/Annisa Ayu.

Makassar: Pemerintah mengetahui beberapa Barang Milik Negara (BMN) di sektor energi yang dihibahkan kepada pemerintah daerah (Pemda) banyak mengalami kerusakan. Pemda dinilai tidak bisa mengelola dengan baik BMN yang merupakan aset negara tersebut.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana mengatakan, sebagian besar BMN yang mengalami kerusakan itu merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Beberapa Pemda mengaku tidak mempunyai dana untuk memelihara BMN tersebut.

"Ya ada banyak (yang rusak setelah dihibahkan ke Pemda). Ada beberapa (Pemda) yang bilang aset sudah diberikan tapi kami tidak mempunyai dana merawatnya" ungkap Rida di Makassar, Kamis, 8 Februari 2018.

Rida menuturkan mengenai permasalahan itu pemerintah pusat sangat terbuka untuk mencarikan jalan keluarnya. Mulai dari penggunaan dana desa sampai Dana Alokasi Khusus (DAK) khusus energi. Sementara untuk masalah teknis, pemerintah pusat juga telah menyediakan program pembelajaran bagaimana perawatan untuk BMN tersebut.

"Kita kan punya perangkat dana desa, ada juga DAK khusus energi, didalam situ bisa dialihkan untuk memelihara itu," sebut Rida.

Rida mengimbau agar seluruh BMN yang dihibahkan kepada Pemda terus dipelihara, dirawat dan dijaga keberlangsungannya. Sebab, BMN itu salah satu merupakan objek vital.

"Kalau membangun itu gampang, yang susah itu memelihara. Memelihara agar manfaatnya selama-lamanya untuk saudara kita," pungkas dia.

Kementerian ESDM telah menghibahkan 654 unit BMN sektor EBTKE kepada untuk dikelola keberlanjutannya. Ke-656 unit BMN tersebut terdiri dari tujuh unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), 45 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat, satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid, satu unit revitalisasi PLTS 1 MWp, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), 474 unit lampu LED Retrofit, Satu unit PLT POME, dan 125 unit lampu LED Retrofit.



(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA