2018, PGN Fokus Pengembangan LNG di Timur Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Senin, 13 Nov 2017 07:46 WIB
perusahaan gas negara (pgn)
2018, PGN Fokus Pengembangan LNG di Timur Indonesia
Petugas PGN sedang memeriksa pipa gas (MI/Galih Pradipta)

Bogor: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) siap memfokuskan program pengembangan Liquefied Natural Gas (LNG) di timur Indonesia pada 2018. Saat ini PGN tengah mengikuti lelang-lelang proyek kelistrikan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero).

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, jika PGN menang lelang tersebut maka PGN akan menyalurkan gas untuk pembangkit-pembangkit milik PLN. "Yang pasti kita akan mengembangkan LNG di timur Indonesia. Kita ikut lelang di proyek-proyek PLN," kata Jobi, usai media gathering, di Bogor, Jawa Barat, seperti diberitakan Senin 13 November 2017.

Ia menjelaskan, di masa depan akan ada pergeseran kebutuhan gas yakni ke wilayah timur dan tengah Indonesia. Suplai LNG oleh PGN akan melayani pembangkit-pembangkit PLN yang berada di timur dan tengah Indonesia.

"Tengah Indonesia. Di sana ada beberapa pembangkit PLN yang kita layani" ucap dia.

Jobi pernah menuturkan, telah menggandeng PT Pertamina (Persero) guna membentuk konsorsium untuk mengikuti lelang proyek Floating Storage Regasification Unit (FSRU) PLN di tengah Indonesia. FSRU yang akan dibangun tersebut akan memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada kapasitas FSRU umumnya.

"Iya (mini regasifikasi). Karena permintaanya juga kecil kan di timur Indonesia. Pembangkit-pembangkit yang dibangun PLN juga kecil," sebut dia.

Selain untuk mengembangkan proyek LNG untuk pembangkit, Jobi menambahkan, PGN juga akan mensuplai gas untuk kebutuhan pabrik pengolahan mineral atau smelter. Salah satunya smelter milik Antam di Pomalaa. Serta penyaluran gas untuk wilayah-wilayah yang tidak memiliki sumber gas.

"Kalau LNG di timur Indonesia ada maka smelter menjadi visible. Kemudian gas akan bisa teraliri ke pulau-pulau yang tidak ada sumber gasnya," pungkas dia.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA