Pemerintah Evaluasi Harga BBM

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 20 Sep 2016 08:16 WIB
harga bbm
Pemerintah Evaluasi Harga BBM
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengevaluasi harga bahan bakar minak (BBM) sebelum ditetapkan pada 1 Oktober 2016.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Wiratmaja Puja mengatakan umumnya evaluasi tersebut dilakukan pada pertengahan tahun. Namun karena ada Hari Raya Lebaran, pemerintah menundanya. Selain itu, upaya ini juga merupakan formula pemerintah dalam menyesuaikan harga BBM tiap tiga bulan sekali.

"Dulu kita sudah hitung di awal kan di tengah-tengah tiga bulan terakhir ini Juli, Agustus,  dan September, untuk harga 1 Oktober. Namun apakah naik atau turun itu diputuskan 1 Oktober," ujar Wiratmaja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 19 September.

Saat ini, pihaknya masih tengah melakukan perhitungan hingga 25 September 2016. Salah satu dasar yang menjadi nilai perhitungan adalah harga minyak mentah dunia.

Oleh sebab itu, ia masih belum memastikan apakah harga BBM mulai 1 Oktober nanti akan naik atau tidak. Pihaknya juga masih mempertimbangkan beberapa kajian lainnya.

"Kita lihat sampai 25 September. Baru kita tetapkan 1 Oktober," tutupnya.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA